WISATA UNGGULAN KABUPATEN SUKOHARJO

 

By : arieharmanto.wordpress.com

Sukoharjo merupakan wilayah terkecil kedua di provinsi jawa tengah dengan jumlah penduduk ± 800.000 jiwa dan dengan luas wilayah hanya 466,6 km2 tetapi sukoharjo di saat ini dengan kemajuan era perkembangan jaman , sukoharjo memiliki potensi daerah wisata yang tak kalah menarik dengan daerah lain , kemajuan ini membuat sukoharjo akan lebih dikenal,sebut saja Pandawa Water World.Pasti kalian tak lagi asing dengan nama tersebut . Ya ! siapa yg tak kenal dengan arena permainan air terbesar se asia tenggara tersebut . pembangunan arena bermain air tersebut merupakan kebanggaan tersendiri untuk sukoharjo agar lebih dikenal di masyarakat luas.Sayangnya banyak masyarakat luas lebih mengenal itu masuk kedalam lingkup wilayah SOLO,walaupun lokasi di Solo Baru,tetapi Solo Baru masih masuk di kab.sukoharjo .

Adanya Pandawa Water World ini menjadi salah satu cara pengembangan objek untuk mempromosikan daerah wisata kunjungan ke sukoharjo lainnya.Semoga ini menjadi awal kita untuk memajukan sukoharjo sebagai seorang mas dan mbak untuk lebih mengenalkan objek wisata yang belum dikenal luas.Misalkan kita mendapati tamu dari luar kota dan ingin tau Objek Wisata apa saja yg ada di daerah kita,kita bisa menyajikan sejumlah paket objek wisata dan tak ketinggalan paketan ke pandhawa juga tentunya agar banyak diminati para wisatawan . Hanya saja Pandhawa sudah ada marketing tersendiri jadi sebenarnya kita tidak perlu mempromosikan ,kita hanya perlu promosi ke objek2 yang dimiliki Sukoharjo , akan tetapi Pandhawa juga menjadi bagian terpenting kita untuk terus mengembangkan dan memajukan objek-objek yg berada di sukoharjo.

Seperti sedikit contoh objek wisata ke pesanggrahan langenharjo yang dikenal pemandian air panas dan pesanggrahan ini merupakan milik kraton kasunanan surakarta dan tentu juga tak lupa melestarikan budaya kraton yang berada dipajang,kita harus bangga mempunyai petilasan pajang,karena tidak akan ada kraton surakarta kalau tidak ada petilasan kraton pajang . dan sejumlah objek wisata di batu seribu,mengingat keadaan yang sebenarnya yg kurang layak seharusnya perlu di renovasi agar menjadi daya tarik wisatawan di batu seribu dan juga terdapat sejumlah fasilitas seperti gardu pandang yang terlihat tampak natural dengan fasilitas adanya gardu pandang yang bisa kita nikmati dengan alam yang masih sangat natural dan segar di pedesaan,objek wisata ke makam ki ageng balak yang setiap malam jum’at kliwon banyak dikunjungi peziarah,makam ki ageng sutawijaya,makam ki ageng purwoto sidik dan juga gunung taruwongso yang berada di weru yang seringkali ramai di kunjungi dari berbagai daerah setiap hari raya idul fitri tiba .

Untuk memajukan sejumlah objek wisata tentunya kita perlu peninjauan dahulu apakah layak atau kurang layak , setelah itu apabila keadaanya layak kita bisa mempromosikan terlebih dahulu, dan apabila wilayah daerah yang tidak memungkinkan dan tempat yang kurang  menarik,bagaimana bisa kita mempromosikan objek wisata kita kalau saja objek2 tersebut kurang diminati,misalnya di waduk mulur,tidak mungkin menjadi daya tarik kalau yang dinikmati hanya seperti itu,ide saya kita bisa membangun arena bermain anak seperti dibendungan wonogiri seperti itu,mungkin akan menarik peminat untuk berkunjung kesitu,kita terapkan pelan-pelan,saya tau dana untuk tahap perenovasian tidak sedikit . Disini saya sebagai finalis insya allah yg nantinya akan ikut membantu kedepannya untuk dana pengembangan dan pembangunan objek wisata di sukoharjo.Saya bersama rekan-rekan Paguyuban akan sedikit membantu peran kita sebagai mas&mbak dengan cara penggalangan dana melalui bakat dan minat kita masing-masing,tidak hanya pemerintah yang bertindak.Disini kita mempunyai bakat yang berbeda,misal menyanyi,saxophone,menari dll bakat itu bisa kita manfaatkan untuk penggalangan dana dan sedikit membantu pemerintah membangun pembangunan pariwisata ini . kita bisa membantu mencarikan penggalangan dana dalam satu paguyuban duta wisata . mungkin rekan-rekan paguyuban bisa membuat acara dengan kolega dan kalangan atas(pemerintah)  untuk menunjukkan bakat masing-masing di sebuah tempat .

Dan apabila para pejabat sukoharjo mempunyai acara penting ,mereka bisa mengundang kami untuk menunjukkan bakat kita masing-masing,jadi disini paguyuban duta wisata juga berperan penting dalam acara-acara penting yang diadakan pemerintah . Agar kita semua disini sebagai duta wisata dimata pemerintah juga tidak dipandang sebelah mata oleh pemerintah dan menunjukkan bahwa paguyuban ini mampu mengerjakan sesuatu yang menghasilkan dan dengan kemampuan seorang duta wisata sendiri. kata wong jowo “alon-alon waton kelakon”.Apabila pembangunan di waduk mulur ini berhasil pemerintah tinggal menetapkan retribusi di daerah waduk mulur tersebut , jadi setidaknya ada pemasukan ke Pendapatan Asli Daerah(PAD) untuk pembangunan kab sukoharjo .

Harapan saya sukoharjo menjadi kota wisata yang berkembang dan banyak di kunjungi wisatawan lokal,luar lokal hingga mancanegara.Itulah sedikit planning saya untuk memajukan objek wisata di daerah sukoharjo .inilah langkah awal saya dan rekan-rekan untuk memajukan wisata di sukoharjo.dan inilah tujuan kita sebagai paguyuban duta wisata sukoharjo.Mengemban dan mebantu pengelolaan tempat pariwisata yang berada disukoharjo.

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s